1 Oct

Berlibur ke Area Pegunungan? Ini Tips Berkendara yang Aman

Pegunungan sering dijadikan sebagai destinasi wisata, baik secara individu maupun bersama keluarga. Udara yang sejuk, pemandangan yang indah, dan banyaknya aktivitas outdoor yang bisa dilakukan menjadi alasan mengapa area pegunungan populer sebagai tujuan wisata di bromo. Melengkapi diri dengan asuransi perjalanan mungkin sudah cukup membuat Anda tenang karena liburan Anda terproteksi. Namun demikian, memastikan Anda bisa selamat sampai tujuan juga tak kalah pentingnya. Untuk itu, Anda perlu mengetahui cara berkendara yang aman saat berlibur ke area pegunungan.

  1. Pastikan rem dan lampu mobil bekerja dengan baik. Sebelum berangkat, pastikan rem dan lampu mobil berfungsi dengan baik. Dua elemen ini merupakan hal yang vital, sebab jika ada masalah sedikit saja, maka keselamatan Anda menjadi taruhannya. Anda akan sering menggunakan rem karena jalanan di pegunungan menanjak, menurun, dan juga berliku. Sementara lampu berfungsi untuk memberi tanda pada pengemudi yang melaju dari arah berlawanan. Cek juga kondisi fog lamp atau lampu kabut karena area pegunungan kerap berkabut. Anda pasti akan membutuhkan keberadaan lampu ini.
  2. Waspada cuaca buruk. Anda tak bisa memprediksi kapan hujan akan turun, terlebih dengan keadaan cuaca seperti sekarang. Tak jarang, hujan bisa tiba-tiba turun meski beberapa saat sebelumnya matahari bersinar terik. Berhati-hatilah saat hujan turun, pasang konsentrasi penuh saat berkendara, nyalakan lampu, dan jangan lupa bunyikan klakson untuk memberikan tanda pada pengendara lain.
  3. Jaga jarak aman. Jika ada mobil lain yang berkendara di depan Anda, jangan memepetnya dan buat jarak aman. Hal ini bertujuan untuk menghindari pengereman mendadak atau kejadian yang tak diinginkan. Menjaga jarak aman juga membantu menghindarkan Anda dari tabrakan beruntun jika mobil di depan Anda berhenti tiba-tiba, misalnya.
  4. Pertahankan kecepatan. Jalanan pegunungan yang menanjak dan berkelok cukup membuat adrenalin Anda naik. Usahakan untuk menjaga kecepatan berkendara Anda tetap pada angka 30-40 km/jam. Ini membantu pengendara di belakang Anda untuk menjaga jarak dan juga menyesuaikan kecepatan berkendaranya. Jangan menyalip kendaraan lain karena jalan di pegunungan biasanya sempit dan terbatas.

Berlibur ke daerah pegunungan memang menyenangkan dan bisa menjadi sarana relaksasi bersama keluarga. Agar perjalanan tetap aman dan nyaman, pastikan untuk mengemudi dengan benar, ya. Semoga membantu!

Comments (No Responses )

No comments yet.
© 2019. Copyright by DW Trans